Resonansi Meja Kantor

Posted by on October 23, 2018 in blog, Office | Comments Off on Resonansi Meja Kantor

Please Share

 

Resonansi Meja Kantor

Saya pernah tertarik kepada teori resonansi atau apalah namanya, saya lupa. Tuturnya bila ada sehelai daun jatuh dari pohon di indonesia itu ada kaitannya atau bahkan sanggup menyebabkan meledaknya bom nuklir di amerika serikat. Wow, sungguh teori yg ajaib sekali, bukan? Nampaknya mustahil memang lah tetapi seandainya dipikir-pikir lagi nyatanya memang mustahil.

Saya cuma merasakan nikmatnya berada di balik meja kantor sewaktu empat bln disaat jadi staf administrasi di restoran padang di bandung yg mempunyai 8 cabang. Restoran mungil memang lah & bayaran yg kudapat disaat itu pun mungil bahkan jauh lebih mungil daripada umk kota bandung.

Satu pengalaman yg tidak barangkali kulupakan mengenai meja kantor ialah kursi goyang. Kursi yg kukira bergoyang akibat ulah jahil sohib kerja sebelah nyata-nyatanya mengakibatkan gempa bumi dahsyat 7,3 skala richter mengguncang jawa barat yg berpusat di tasikmalaya.

Kejadian itu berlangsung tanggal 2 september 2009, & korbannya pun tidak tanggung-tanggung 79 orang tewas, beberapa ratus orang terluka & beberapa ratus ribu bangunan rusak akibat gempa. Menjadi teori resonansi itu benar-benar ada benarnya serta, saya yg kala itu ada di antapani, bandung cuma merasakan kursi bergoyang sedangkan di tasikmalaya, cianjur, ciamis, kuningan & sekitarnya mengalami kerusakan bangunan parah bahkan memakan korban jiwa.

Itu cuma pikiran usilku saja kalau logika berpikir dibalik. Umumnya kan orang berpikir linier jikalau gempa mengakibatkan daerah terjauh dalam radius jangkauannyaakan merasakan resiko berupa getaran. Nah gimana jika getaran mungil kursi & meja di kantorku mengakibatkan gempa akbar di wilayah yang lain? Suatu pemikiran yg menarik, bukan? Memang lah trik pandang seperti itu teramat tak logis namun bila direnungkan terdapat filosfi yg mendalam.

Mencoba tengok wakil rakyat kita yg gaya berpikirnya tak logis & tidak jarang membolak-balik pandangan sehat & masuk akal. Mereka bisa-bisanya memanfaatkan meja & kursi impor dalam renovasi tempat badan budget yg menelan anggaran hingga rupiah. 20 milliar. Sedangkan peserta didik siswi smpn 2 kalanganyar di desa pasirtanjung kecamatan rangkasbitung kabupaten lebak, banten mesti mempelajari bersama kursi & meja ‘reot’.

Pengalaman merasakan gempa waktu duduk nyaman bertugas di meja kursi kantor membuatku menggali ilmu mengenai teori resonansi itu. Bahwa kala kita merasakan sedikit ketidaknyaman mungil dikala bertugas sesungguhnya beberapa ratus kilo meter jauhnya masihlah tidak sedikit beberapa orang yg tak seberuntung kita bahkan menderita keadaannya. Kadang menciptakan keadaan bertugas sedikit tak nyaman butuh utk melatih sensitivitas bahwa di luar sana masihlah tidak sedikit orang yg mesti kita bantu.

Menjadi dengan cara apa bisa saja anggota dpr bakal dapat memikirkan rakyat kalau mereka terlampaui nyaman duduk di kursi baru nan mahal yg diimpor segera dari jerman yg jelasnya di desain seperti anatomi badan bidang belakang manusia? Entahlah.