Faktor – Faktor Penyebab Keretakan Pada Beton

Posted by on November 28, 2018 in Teknik | Comments Off on Faktor – Faktor Penyebab Keretakan Pada Beton

Please Share

faktor-faktor-penyebab-keretakan-pada-beton

Pada artikel kali ini kami akan membahas topik konstruksi dan sesuai judul di atas pembahasan ini akan berfokus pada faktor – faktor yang menyebabkan munculnya retakan pada beton.

Berikut ini adalah sejumlah faktor yang berpengaruh terhadap timbulnya keretakan pada beton.

  1. Karakteristik Beton

Karakteristik beton yang mampu memicu terjadinya retakan pada dasarnya berasal dari bagaimana beton tersebut dibuat. Jadi ada baiknya anda mengetahui karakteristiknya tersebut dengan tidak lupa melakukan peninjauan pada proses pengecoran beton. Yang penting untuk anda perhatikan adalah pada takaran campuran material penyusunnya antara lain; pasir, krikil, semen, dan air. Tak lupa juga struktur rangka yang dirangkai dari baja tulangan juga harus dicek. Pastikan setiap segmen rangka telah benar – benar kokoh. Dengan begitu anda bisa memastikan karakteristik beton pada bangunan anda tidak mudah mengalami keretakan sehingga dikemudian hari tidak dibutuhkan tindakan injeksi beton.

  1. Suhu dan Cuaca

Kelanjutan dari karakteristik beton yang menjadi faktor keretakan berikutnya adalah suhu dan cuaca. Tak dapat dipungkiri lagi bahwa dua aspek alam ini memang selalu memberikan dampak kepada setiap benda yang ada di kehidupan kita tak terkecuali beton pada konstruksi rumah. Namun berbicara soal suhu dan cuaca sebetulnya bukan hanya ketika beton telah dibentuk dan menjadi bagian dari rumah siap huni. Faktor suhu dan cuaca disini juga mempengaruhi ketika adukan beton yang semula berwujud cair mengalami pengerasan atau pengeringan.

Bila pada proses tersebut konsisi suhu serta cuaca sendang bagus maka sangat memungkinkan beton yang nantinya dihasilkan memiliki karakteristik yang baik. Sebaliknya jika faktor tersebut sedang tidak mendukung misalnya saat pengerasan beton terjadi hujan dan suhu tergolong rendah maka boleh jadi sifat beton yang terbentuk nantinya cenderung mudah mengalami korosi.

  1. Material Penyusun

Material penyusun pada dasarnya adalah beton itu sendiri sebab material inilah  yang diolah dan dibuat menjadi adukan beton. Jika dalam pembuatan beton anda memanfaatkan material atau bahan bangunan berkualitas maka otomatis anda pun mendapatkan hasil yang berkualitas pula. Berbeda dengan ketika anda lebih memilih bahan murah dan mengesampingkan kualitas maka jangan kecewa jika nantinya beton yang anda dapatkan kurang berkualitas.

Jadi untuk pemilihan material pembentuk beton akan sangat bijak bila anda lebih mengutamakan kualitas daripada aspek lainnya termasuk harga. Tak mengapa anda harus merogoh kocek lebih dalam. Lagi pula apa yang harus anda keluarkan tersebut akan sesuai dengan apa yang akan anda dapatkan.

  1. Tulangan Mengalami Korosi

Faktor terakhir yang mengakibatkan beton retak adalah besi tulangan yang ada di dalam beton tersebut sudah mulai lapuk dimakan umur. Jika tulangannya mengalami korosi dan kemudian patah maka sangat wajar jika struktur beton kehilangan kekuatannya sehingga tak mampu lagi menahan gaya tekan, geser, dan gaya tarik yang membebaninya. Pada akhirnya retakan pun terjadi.