Cermati 3 Jenis Ruang yang Membutuhkan Partisi Kaca Berikut Ini

Posted by on December 11, 2019 in interior | Comments Off on Cermati 3 Jenis Ruang yang Membutuhkan Partisi Kaca Berikut Ini

Please Share

Intiptrik.com – Berencana untuk pindah ke rumah baru yang belum memiliki sekat ruangan? Jangan lupa pertimbangkan untuk membuat partisi dari bahan kaca yang akan membuat hunian tampak apik. Bahkan tidak hanya tampak apik, ada berbagai macam jenis kaca yang bisa digunakan untuk berbagai tema rumah.

Cermati 3 Jenis Ruang yang Membutuhkan Partisi Kaca Berikut Ini

Kaca dipilih oleh banyak orang sebagai sekat ruangan, hal ini dikarenakan efisiensinya. Jika selama ini partisi kaca hanya digunakan untuk ruang kantor saja, namun Anda bisa mengubahnya untuk digunakan dalam rumah. Baik itu ruang kamar mandi hingga kamar tidur bisa menggunakan sekat dari kaca.

Beberapa keuntungan menggunakan kaca sebagai dinding ruangan dalam rumah adalah sebagai berikut ini:

  1. Membuat ruangan tampak lebih terang, Anda bisa menghemat energi listrik pada siang hari.

  2. Ruangan tetap terkoneksi satu sama lain (tetap terlihat) namun tetap menciptakan zona yang berbeda.

  3. Menggunakan dinding kaca akan membuat ruangan tampak selalu bersih. Jika kotor Anda bisa membersihkannya dengan mudah.

  4. Dinding kaca juga bisa diaplikasikan pada dapur. Anda bisa melihat jika lupa sedang memasak sesuatu melalui dinding yang transparan.

  5. Kaca juga memiliki fungsi ruangan agar tetap terlihat luas. Terlebih jika Anda memiliki hunian yang memiliki ukuran lebih kecil.

Selain kaca sebagai dinding, Anda juga membutuhkan pintu aluminium kaca. Aluminum berfungsi sebagai kusen atau lis pada kaca. Ada dua manfaat aluminium sebagai lis kaca, pertama adalah membuat ruangan lebih indah. Kedua adalah untuk membuat ruangan tertutup lebih rapat dan tidak mudah bocor.

ruang-tidur-menghadap-ke-laut

Jenis-Jenis Ruangan yang Membutuhkan Partisi Kaca

Jadi, apakah Anda sudah siap menggunakan partisi kaca sebagai sekat ruangan? Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika akan menggunakan kaca sebagai pintu dan juga dinding. Tipe ruangan seperti apakah yang membutuhan kaca? Serat jenis pintu aluminium kaca seperti apakah yang cocok untuk diterapkan?

Memudahkah Anda dalam merancang, berikut ini tiga jenis ruangan dalam rumah yang cocok menggunakan partisi kaca.

  • Berhadapan dengan sinar matahari pagi

Anda bisa menggunakan kaca besar sebagai jendela dan juga pintu yang membuat sinar matahari masuk. Jadi pastikan ruangan yang menggunakan kaca tersebut menghadap ke timur dimana matahari pagi terbit. Setidaknya selama pukul 7 hingga 10 pagi sinar matahari masuk melalui dinding kaca.

  • Ruangan menghadap pemandangan

Mungkin Anda memilih hunian di tengah pegunungan atau di pinggir pantai. Memiliki pemandangan yang indah tersebut sangat disayangkan jika Anda tidak memasang dinding kaca. Ruangan yang memiliki pemandangan indah keluar sangat cocok untuk diberikan dinding kaca. Sehingga Anda bisa melihat pemandangan dari dalam ruangan kapan saja.

  • Menyatukan ruang makan dan ruang keluarga

Hunian yang sempit seringkali akan menyatukan ruang makan dan ruang keluarga. Namun tidak perlu bingung, karena hunian sempit pun bisa tetap memiliki kedua ruangan tersebut secara terpisah dan tidak membuat terasa sempit. Cukup dengan sekat kaca tanpa pintu masing-masing ruang tidak akan terasa sempit.

Setiap ruangan di atas, khususnya yang menggunakan kaca sebagai pembatas dalam rumah dan luar ruangan membutuhkan pintu aluminium kaca. Terutama jika Anda ingin membuat balkon di lantai dua. Pintu kaca dengan lis aluminium lebih mudah menyatu penampilannya.

Anda bisa memilih pintu kaca yang dibuka dengan digeser atau menariknya ke luar atau ke dalam. Jika hunian sempit sangat disarankan untuk memilih pintu yang digeser sehingga akan menghemat ruangan.