Jenis Lantai Vinyl yang Paling Dicari Masyarakat Indonesia

Posted by on May 15, 2020 in interior | Comments Off on Jenis Lantai Vinyl yang Paling Dicari Masyarakat Indonesia

Please Share

Jenis Lantai Vinyl – Lantai vinyl menjadi pilihan terkini bagi para pemilik hunian bahkan kantor, untuk melapisi lantai agar terlihat lebih bersih, indah dan nyaman. Banyak pilihan jenisnya yang terkadang sulit dibedakan dan membuat pengaplikasiannya tak sesuai yang diharapkan. Berikut ini informasi penting tentang apa saja jenis dan karakter masing-masing, sebagai acuan Anda sebelum membeli.

Jenis Lantai Vinyl

4 Jenis Lantai Vinyl Yang Paling Dicari

Secara garis besar lantai vinyl memiliki empat jenis, yaitu vinyl plank, vinyl tile, vinyl click, dan vinyl roll. Apa yang menjadi pembeda masing-masing agar lebih mudah saat memilih dan membelinya? Di antaranya adalah bentuk potongan, permukaan, dan bahan pembuatannya.

1. Vinyl Plank

Sering juga disebut dengan vinyl kayu, karena motifnya kebanyakan berbentuk serat kayu, dan potongannya juga seperti potongan kayu berbentuk persegi panjang dengan ketebalan antara 2 – 3 milimeter. Ada dua jenis dari vinyl ini yaitu embossed dengan permukaan berserat sehingga siapapun yang berjalan di atasnya tidak akan tergelincir.

Lalu ada jenis non embossed yang sangat mudah untuk dibersihkan dan memberikan kesan mengkilap alami. Jenis vinyl plank paling banyak dicari ketimbang jenis lain seperti vinyl jenis tile, click, atau roll. Kalau Anda ingin lantau tema kayu dengan anggaran terbatas, tak ada salahnya untuk menggunakan jenis ini, karena sangat mirip dengan kayu asli yang tentu harganya lebih mahal.

 

2. Vinyl Tile

Memiliki potongan berbentuk persegi seperti keramik menjadikan jenis vinyl ini terlihat mewah dan elegan, apalagi pilihan motifnya yang sangat beragam, Anda bisa memainkan motif sehingga menciptakan lantai abstrak yang memukau. Biasanya ukuran vinyl ini berkisar 30-50 cm, dengan tebal antara 1,5-3 mm.

Untuk menggunakannya pada lantai, sama seperti Anda memasang keramik, yaitu menempelkan menggunakan lem khusus satu persatu. Lalu lihat perubahan yang dibawanya untuk lantai rumah Anda, pasti semakin indah.

 

3. Vinyl Click

Perbedaan terletak pada bagian bawah bahan yang memiliki rel khusus sehingga tak perlu lagi diberi lem saat ditempel pada bagian lantai. Jenis ini sama dengan plank yang dijual dalam bentuk persegi panjang dengan tebal maksimal 5 mm. soal motif sama variatifnya dengan vinyl jenis tile sehingga banyak juga yang menggunakannya untuk lantai kantor, hingga lantai rumah sakit.

Untuk pemasangannya cukup dengan menempelkan rel bagian bawahnya pada permukaan lantai, lalu atur kerapian berdasarkan mopa motif yang Anda pilih. Proses aplikasinya lebih cepat jika dibandingkan vinyl jenis tile atau plank yang membutuhkan pengeleman terlebih dahulu sebelum ditempel.

Vinyl Roll

Vinyl jenis ini bersifat seperti karpet yaitu lentur dan tidak mudah pecah, pengemasannya juga dalam bentul gulungan sehingga mudah untuk dibawa kemana saja tanpa takut rusak. Tebalnya cukup beragam yaitu antara 0,5-2,2 mm. Sedangkan lebarnya bisa mencapai 2×25 meter, Anda tak akan menemukan ketidakrapian di ujung sambungan, karena lantai vinyl murah ini memiliki pola yang mudah digunting.

Untuk penggunaannya sama dengan vinyl jenis tile, dan vinyl lain yaitu untuk lantai rumah dan kantor. Sebab bahan seratnya yang tebal sangat cocok memberikan kesan eksklusif di ruang-ruang tertentu. Apalagi kalau Anda memilih motif yang sesuai dengan konsep ruangan, pasti akan jadi penyempurna interior ruangan.

Apakah Anda sudah menemukan jenis vinyl yang sesuai dengan kebutuhan? Meskipun vinyl plank merupakan yang paling banyak dicari, tapi vinyl tile, click, dan roll juga tak kalah indah jika digunakan untuk menutupi lantai di ruangan tertentu. Tinggal Anda yang memutuskan ingin memakai salah satu jenis atau memadukan beberapa jenis untuk beberapa ruangan. Happy shopping ya!