Ini Dia Perbedaan Antara Lantai Kayu dengan Parket

Posted by on June 3, 2020 in interior | Comments Off on Ini Dia Perbedaan Antara Lantai Kayu dengan Parket

Please Share

Tradeoil1.com – Terkadang beberapa jenis rumah mewah selalu menggunakan lantai jenis keramik dengan beraneka ragam model. Namun tahukah Anda bahwa terdapat beberapa pengganti keramik pada saat ini? Salah satunya adalah lantai kayu dan juga lantai parket. Kedua jenis lantai tersebut dapat digunakan sebagai ubin lantai dengan desain rumah klasik maupun desain lainnya.

Perbedaan Antara Lantai Kayu dengan Parket

Tahukan Anda bahwa kedua jenis ubin lantai tersebut sekilas sangat mirip. Akan tetapi, terdapat berbagai perbedaan yang mendasar pada kedua materi ubin lantai tersebut. Ya, lantai kayu ini memang terbuat dari bahan kayu asli yang kemudian dipress hingga berbentuk lembaran yang memanjang. Sedangkan lantai parket ini juga terbuat dari bahan kayu asli akan tetapi pada bagian sisinya ini saling mengunci dan hanya membutuhkan paku tembak guna mengeratkan antar sisinya. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca informasinya dibawah ini.

Perbedaan Mendasar Lantai Kayu dengan Lantai Parket

Secara kasat mata, kedua jenis ubin lantai tersebut memang tidak memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Namun masih dapat dilihat dari segi kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, ini dia beberapa perbedaan mendasar antara lantai kayu dengan lantai parket. Mari disimak baik-baik berbagai informasinya.

  • Kekokohan lantai

Perbedaan pertama antara kedua jenis lantai tersebut adalah kekokohan dari lantai yang menggunakan kedua bahan tersebut. Ya, dari segi kekokohan ini, tentu saja lantai parket lebih kokoh karena menggunakan jenis kayu yang lebih padat. Sehingga, lantai dari bahan parket ini dinilai lebih cocok untuk Anda gunakan. Berbeda dengan lantai kayu yang tidak lebih kuat dari parket.

  • Dari Segi Harga

Perbedaan kedua antara jenis lantai tersebut adalah dinilai dari segi harga. Untuk Harga dari lantai kayu ini memang lebih mahal dibandingkan dengan harga beli dari lantai parket, sebab lantai kayu ini dinilai lebih eksklusif. Berbagai motif dari lantai kayu yang sangat beragam tentu sangat pas digunakan pada rumah dengan yang eksklusif.

  • Proses Pemasangan

Perbedaan ketiga antara lantai kayu dan lantai parket adalah proses pemasangannya. Ya, proses pemasangan lantai kayu ini dinilai lebih mudah karena Anda hanya cukup menggunakan lem khusus untuk menempelkan lantai kayu. Sedangkan, apabila Anda menggunakan lantai parket, maka Anda harus menempelkan beberapa sisi dengan pengunci lantai parket. Kemudian Anda harus menggunakan paku tembak guna merekatkan antar sisi lantai.

  • Kemudahan Untuk dicari dan dibeli

Dan perbedaan selanjutnya adalah kemudahan untuk mencari kedua jenis lantai tersebut. Ya, lantai jenis kayu ini lebih mudah untuk Anda, sebab hampir semua toko bangunan ini menyediakan jenis lantai kayu. Hal tersebut dikarena lantai kayu ini lebih laris dibandingkan dengan jenis lantai parket.

  • Tingkat Kilap Lantai

Bukan rahasia lagi bila kedua jenis lantai tersebut memiliki efek mengkilap kala terkena pantulan cahaya. Ya, lantai kayu ini memang dapat memancarkan efek mengkilap, sebab lantai kayu ini sering dilapisi dengan cat mengkilap agar tapak lebih mewah dan eksklusif. Maka dari itu banyak orang yang menggunakan lantai jenis kayu dibandingkan dengan lantai parket.

Jadi, itulah beberapa perbedaan mendasar antara jenis lantai kayu dengan lantai parket. Meskipun kedua jenis ubin lantai tersebut sekilas hampir mirip, namun keduanya memiliki perbedaan mendasar. Sehingga Anda wajib mengetahui perbedannya sebelum memutuskan untuk menggunakan jenis lantai rumah yang seperti apa. Semoga berbagai informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat dan dimengerti.